Beranda | Artikel
Bacaan Dzikir Sore - Karunia Allah Bertemu Waktu Sore
Rabu, 15 Desember 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Bacaan Dzikir Sore – Karunia Allah Bertemu Waktu Sore merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 9 Jumadil Awal 1443 H / 13 Desember 2021 M.

Kajian Tentang Bacaan Dzikir Sore – Karunia Allah Bertemu Waktu Sore

Di antara dzikir sore yaitu membaca wirid berikut ini satu kali. Ini adalah bacaan yang pendek tapi memiliki kandungan yang sangat dalam. Yaitu sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا،وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“YaAllah dengan pertolonganMu kami memasuki waktu sore, dan dengan pertolonganMu pula kami memasuki waktu pagi. Dengan kuasaMu kami hidup, dan dengan kekuasaanMu pula kami mati. Dan (setelah mati nanti) hanya kepadaMu lah kami akan kembali.”

Landasan dari bacaan ini adalah hadits Abu Hurairah Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu manakala beliau menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila memasuki waktu sore maka beliau membaca dzikir tadi. Hadits riwayat Al-Bukhari dalam Kitab Adabul Mufrad dan dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani.

Kandungan inti dari bacaan ini ada tiga, yaitu: tentang karunia Allah, kekuasaan Allah, dan hari kiamat.

Karunia Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan karunia berupa nikmat kepada kita yang tidak terhitung. Dari nikmat itu ada yang sifatnya rutin, dan ada yang sifatnya insidental (kadang-kadang). Contoh nikmat yang rutin adalah bisa bernafas, melihat, mendengar, berbicara, aliran darah yang ada di dalam tubuh, berfikir. Contoh nikmat yang insidental adalah mendapat arisan, anak lahir, dan lain-lain.

Biasanya orang lebih ingat nikmat yang insidental. Padahal bisa jadi nikmat yang rutin itu lebih berharga daripada yang insidental. Itulah manusia, saking rutinnya mendapatkan nikmat sampai kadang-kadang dia lupa. Dan gara-gara tidak mendapat nikmat yang insidental jadi lupa dengan nikmat yang sifatnya rutin.

Menit ke-15:37 Salah satu karunia Allah yang sifatnya rutin yang sering kita lupakan adalah diberi kesempatan oleh Allah bisa menjumpai waktu sore dan waktu pagi. Ketika kita masih diberi oleh Allah kesempatan untuk bertemu dengan waktu pagi dan sore, itu artinya kita sedang dikasih kesempatan oleh Allah untuk menambah amalan. Maka kita bersyukur dengan membaca dzikir

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Bacaan Dzikir Sore – Karunia Allah Bertemu Waktu Sore


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51182-bacaan-dzikir-sore-karunia-allah-bertemu-waktu-sore/